Wednesday 16 May 2018

IDENTIFIKASI FASA HASIL XRD SECARA MANUAL (Untuk Pemula)

IDENTIFIKASI FASA MANUAL 


       Identifikasi kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui fasa-fasa yang terdapat dalam suatu material. Berdasarkan hasil pola difraksi dapat dilihat puncak-puncak difraksi dari fasa yang terbentuk, sehingga dapat diperkirakan ada tidaknya fasa kristal ataupun fasa amorf. Keberadaan fasa kristal dapat segera dilihat dari adanya puncak-puncak difraksi, sedangkan material amorf memberikan pola berbentuk punuk difraksi atau intensitas latar yang tidak teratur. 

Spektrum hasil difraksi : 


Identifikasi dilakukan dengan mencocokan puncak-pucak difraksi berdasarkan referensi pada PDF berikut. 

1. PDF : 45-0946 

2. PDF : 46-1212 

3. PDF : 43-1484 

Hasil Analisa 
Berdasarkan data PDF dan spectrum difraksi diatas maka diperoleh data hasil pencocokan seperti pada tabel berikut. Data yang diperoleh adalah nilai 2ϴ, intensitas dan jarak antar kisi (d). Jarak antar kisi diperoleh dari formula berikut. 

Tabel 1. Hasil pencocokan manual spectrum difraksi dengan referensi. 

 Hasil identifikasi manual dari spectrum difraksi diatas dapat disimpulkan fasa yang terbentuk pada sampel adalah fasa Al2O3. Untuk menentukan fasa yang terbentuk ini minimal diperlukan 3 puncak yang sama antara antara hasil difraksi dengan referensi PDF. Hasil pencocokan puncak difraksi menunjukkan hasil spectrum difraksi memiliki tingkat kesamaan yang tinggi dengan database Al2O3. Sedangkan jika hasil difraksi dibandingkan dengan fa a dar α-Al2O3 (Aluminum Oxide) dan fasa dari MgO (Magnesium Oxide) ada beberapa puncak yang tidak terpenuhi dan intensitas difraksi yang tidak sebanding. 

No comments:

Post a Comment

Pengalaman Rapid Test di Stasiun Gubeng

Saat pandemi kayak gini kalau mau pergi kemana mana apalagi pakai transportasi umum serba diribetkan dengan persyaratan ini ono, salah satun...